Untuk tujuan Search Engine Optimization (SEO) dan untuk mendapatkan porsi yang baik pada pasar internet, maka kata kunci atau keyword memainkan peran yang sangat penting. Kata kunci yang dipilih dapat menentukan arah kampanye produk atau blog secara online, dan perusahaan atau organisasi yang secara efisien dapat menentukan target kata kunci yang tepat dan banyak dicari oleh segmen pasar yang dibidiknya, akan menjadi perusahaan yang dapat bertahan di pasar internet yang sangat kompetitif. Inilah alasan mengapa perusahaan besar memperluas usaha periklanan online mereka untuk memanfaatkan apa yang dicari oleh konsumen secara online.
Akan tetapi, untuk mendapatkan kata kunci yang paling tepat dan kata kunci yang paling efisien bukanlah sebuah tugas yang mudah, di dalamnya terkandung ilmu yang cukup rumit untuk dipelajari. Untuk itulah ilmu tentang SEO dipelajari dengan tujuan untuk mendapatkan kata kunci yang paling tepat, karena tidak semua kata kunci atau frase yang terbaik dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam kampanye produk secara online.
Jika Anda berada dalam tahap perencanaan membuat website, maka sebaiknya Anda harus memahami cara yang paling baik untuk mengevaluasi relevansi dan efektivitas dari sebuah daftar kata kunci. Hal ini didasarkan pada alasan di atas, bahwa “tidak semua kata kunci atau frase yang terbaik dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam kampanye produk secara online”. Di bawah ini adalah beberapa saran tentang bagaimana cara mengevaluasi kata kunci dalam hubungannya dengan Search Engine Optimization (SEO).
Lakukan Penilaian Internal pada Kata Kunci
Pertanyaannya adalah: Apakah kata kunci yang dipilih relevan dan terkait dengan konten yang sebenarnya dan fokus dari website ? ATAU Apakah konsumen dan pengguna internet dapat menemukan apa yang mereka cari setelah mereka meng-klik pada link yang disediakan ?
Jika Anda menjawab YA pada dua pertanyaan mendasar di atas, maka Anda telah berada pada jalur yang benar dan Anda telah menargetkan secara umum dengan kata kunci yang tepat untuk kampanye internet yang Anda lakukan.
Sebagai contoh, misalnya sebuah lembaga kursus komputer memiliki beberapa kata kunci terbaik untuk dipergunakan pada websitenya, yakni: kursus, komputer, kursus komputer. Sepintas lembaga kursus komputer tersebut dapat melakukan penilaian bahwa keywords “kursus” dan “komputer” akan diakses oleh jumlah pengunjung yang sangat banyak dibandingkan dengan keywords “kursus komputer“. Namun, ternyata akan banyak pengunjung yang merasa salah alamat setelah ia meng-klik keywords “kursus” atau “komputer” tadi. Sebaliknya, meskipun keywords “kursus komputer” diakses tidak lebih banyak dibandingkan dengan keywords “kursus” atau “komputer” akan tetapi keywords “kursus komputer” lebih tepat sasaran dan oleh karenanya akan menjadi keywords yang sangat efektif untuk dipergunakan dalam kampanye produk lembaga kursus komputer tersebut secara online.
Lakukan Pengecekan Kata Kunci pada Mesin Pencari
Jika pengecekan dilakukan pada mesin pencari, dan hasilnya adalah terdapat “iklan” yang dikaitkan dengan kata kunci yang Anda pilih, maka hal ini berarti bahwa kata kunci tersebut sangat dihargai pada industri online. Dan hal tersebut memperlihatkan bahwa Anda berada pada jalur yang benar dalam mengidentifikasi kata kunci yang tepat untuk dapat memberikan keuntungan finansial.
Strategi lain yang juga dapat Anda gunakan adalah dengan membuat kampanye kecil di Google. Anda dapat memilih kata kunci tertentu dan link dari kata kunci yang Anda pilih ke halaman yang paling relevan di website Anda. Setelah itu, Anda harus memonitor lalu-lintas yang terjadi dan yakinkan bahwa halaman-halaman tertentu telah mendapatkan apa yang Anda harapkan. Data yang telah dikumpulkan kemudian dapat diolah ke dalam bentuk tabel dan dianalisis untuk tujuan memperoleh perkiraan mengenai kata kunci yang paling efektif.
Contohnya, jika suatu hari halaman website menerima 1000 tampilan iklan, dan pada hari tersebut terdapat 100 orang yang benar-benar meng-klik iklan dan mengunjungi website Anda, dan 1 pengunjung dapat dikonversi ke dalam penjualan dengan nilai katakanlah $ 10. Artinya, setiap pengunjung yang tertarik dengan kata kunci yang telah Anda pilih memiliki nilai sebesar $ 0,01 (atau = 1 * $10 / 1000).
Untuk membandingkan nilai dari sejumlah kata kunci Anda dapat menguji kata kunci lain dengan menggunakan proses langsung di lapangan dan pengujian secara teoritis dengan menghitung jumlah per pengunjung. Cara pertama dengan penilaian yang lebih tinggi tentu saja akan didapatkan kata kunci yang lebih baik untuk digunakan pada kampanye online.
Tulisan ini adalah saran yang paling mendasar untuk menentukan bagaimana melakukan penilaian terhadap kata kunci yang dipilih. Tentu saja masih banyak cara lain yang jauh lebih canggih dan biasa dilakukan oleh para pebisnis besar yang benar-benar menggunakan seluruh waktu dan upayanya pada Search Engine Optimization dan benar-benar meneliti dan menguji kata kunci untuk kebutuhan bisnis. Akan tetapi, jika seluruh waktu kita luangkan, dan cara-cara canggih kita terapkan hanya untuk menguji nilai dari kata kunci, maka kata kunci tersebut akan menjadi terlalu mahal. Meskipun demikian, hasil yang didapatkan akan sangat membantu bagi para internet marketer yang telah bersedia menyadari akan pentingnya nilai dari kata kunci dalam bisnis di internet.
Sumber: http://www.isnare.com